Sabtu, 09 Juli 2011

Tentang Pokdarwis Bhuana Shanti Desa Bebetin

KELOMPOK SADAR WISATA
BHUANA SANTHI DESA BEBETIN

TERBENTUKNYA KELOMPOK SADAR WISATA
POKDARWIS BHUANA SHANTI DESA BEBETIN

Logo Pokdarwis Bhuana Shanti


Desa Bebetin yang berada dalam wilayah kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng merupakan sebuah desa yang memendam banyak potensi seperti kawasan pebukitan, persawahan, perkebunan dan perairan serta budaya masyarakatnya yang masih melekat dengan sistem gotong-royongnya. Potensi lainnya seperti kesenian, adat-istiadat, kerajinan sebagai ciri khas Desa Bebetin. Kawasan Bukit Bebetin yang menjadi prioritas konservasi ini sedang dikelola guna merubah perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Bebetin. Meskipun terkendala oleh sangat kurangnya akses dan prasarana fisik menuju objek pariwisata tersebut, semangat para warga sekitar dalam merintis, menjaga dan mempersiapkan potensi yang mereka miliki sangatlah penting.
Dahulu masyarakat mengenal Kelompok Sadar Wisata dan merasakan pentingnya program tersebut. Slogan Sapta Pesona Pariwisata dahulu berakhir, dan muncul Permen No. PM 04/UM 001/MKP/2008 Tentang Sadar Wisata. Program ini menggambarkan partisipasi dan dukungan segenap masyarakat dalam mendorong terwujudnya iklim yang kondusif bagi berkembangnya kepariwisataan di suatu destinasi wilayah.
Pelaksanaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) bisa melalui ceramah, sarasehan, diskusi, kompetisi, percontohan dan perintisan. Ini bertujuan; (1) meningkatkan pemahaman segenap komponen masyarakat untuk menjadi tuan rumah yang baik dalam mewujudkan iklim yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya pariwisata serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (2) Menggerakkan dan memotivasi kemampuan serta kesempatan masyarakat sebagai wisatawan untuk menggali dan mencintai tanah air.
Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) justru mampu menjalin Multi efek kegiatan pariwisata dan dapat meningkatkan harkat warga menjadi bangsa bermartabat. Kesadaran ini mendorong semua pihak agar mau berjalan berwisata di muka bumi tempat berpijak untuk melihat jejak peradaban manusia yang tergelar. Demi peningkatan pembangunan bidang Pariwisata Desa Bebetin, maka adanya Pokdarwis merupakan kebutuhan bagi keberhasilan pembangunan suatu desa. Sudah pasti dari sini akan muncul sinergi antara Pemerintah, Pelaku Usaha Pariwisata, Akademisi, Media dan Ormas setempat.
Sebuah langkah kecil yang dimotori karang taruna bersama kelompok pencinta alam di Desa Bebetin pasti akan menghasilkan langkah besar yang lebih bermanfaat dalam menerapkan kehidupan berkonsep Tri Hita Karana. Oleh karena itu pada hari Selasa (7/8) diselenggarakan pertemuan para tokoh pemuda di Sekretariat Karang Taruna “Kartika Jaya”, sebagai langkah awal menjadikan Desa Bebetin menjadi “Kawasan Desa Wisata”, melalui Penataan Bukit Bebetin, Penataan Kesenian dan Penangkaran satwa langka jenis Kijang serta potensi besar lainnya. Tujuan pertemuan agar dapat tercipta sebuah kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), yang merupakan ujung tombak dalam menjaga, melestarikan, menjual, dan mempersiapkan potensi pariwisata Desa Bebetin. Dengan membuat sebuah kelompok sadar wisata ini diharapkan akhirnya akan dapat membuat sebagian besar warga masyarakat menjadi sadar dan mengerti akan potensi pariwisata yang dimiliki oleh mereka. Sebuah potensi tidak akan dapat tergali dengan maksimal tanpa peran serta masyarakat sekitar tempat tersebut. Fungsi Pokdarwis disini adalah sebagai wadah bertukar pikiran, kekuatan, pembicaraan, dan pengembangan dalam rangka mencapai tujuan-tujuan. Sarana penyalur aspirasi dan komunikasi sosial antar pengurus dan warga. Dengan demikian maka akan tercipta “Tourism Information Centre” yang pertama bagi segenap kegiatan terkait dengan wisata di desa setempat.
Struktur organisasi Pokdarwis sendiri cukuplah simple, hanya terdiri dari elindung, dewan penasihat, ketua, sekretaris, bendahara, dan 8 bidang lain yang terdiri dari bidang humas, bidang keamanan, bidang suguhan, bidang tranportasi dan homestay, bidang pemandu, bidang atraksi, bidang objek wisata dan bidang kerajinan. Jika kelompok ini terbentuk dan setiap kepengurusan dapat melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab maka objek wisata Desa Bebetin hanya tinggal menunggu waktu saja dalam menjadi sebuah objek pariwasata andalan dan dapat segera merubah warna dan roda kehidupan masyarakatnya.
Pada pertemuan awal pembentukan Pokdarwis ini telah berkumpul warga dan perangkat serta pengurus karang taruna sebanyak kurang lebih 33 orang. Mereka dengan antusias dan semangat setuju dengan adanya pembentukan kelompok sadar wisata ini. Pada keputusan akhir pertemuan ini akhirnya telah terbentuk Pokdarwis Bhuana Shanti dengan Susunan Pengurusnya dan saudara I Made Marsana, S.KM terpilih sebagai ketua. Diharapkan dengan telah terbentuknya Pokdarwis ini potensi yang terpendam dapat segera tergali secara maksimal dengan mengutamakan kelestarian lingkungan.
Ditulis oleh : Ketua Karang Taruna Kartika Jaya (I Made Marsana, S.KM)

2 komentar:

  1. tetap Semangat Kawan...
    Salam Pokdarwis Way Terjun Lampung Selatan

    BalasHapus
  2. Bersyukur kehapadan Ida Hyang Widi sudah adanya pokdarwis di bebetin semoga makin jaya....

    BalasHapus